turnamen

Catur Unik Berhadiah Rp80 Juta & Aneka Hiburan

Open Master Tingkat ASEAN
Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam
Event Organizer (Eo) Indorad Foundation kembali menggelar Kompetisi Catur Unik bernama Open Championship of Unique Chess, di Golden View Hotel, Batam, pada Jumat (25/1/2013) sampai Minggu (27/2013).
Open Championship of Unique Chess tingkat Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) ini diikuti 10 negara, yaitu Thailand, Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei, Kamboja, Myanmar, Vietnam, dan Laos. ASEAN sendiri didirikan pada 8 Agustus 1967 dengan lima anggota yaitu, Thailand, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Filipina.
Event skala internasional dengan sistem (catur) Swiss ini menyediakan total hadiah Rp80 juta untuk juara pertama sampai sepuluh, dan aneka hadiah hiburan lainnya.

Pembina EO Indorad Foundation Azharsyah menyebutkan, panitia mulai membuka pendaftaran kepada masyarakat dan pecatur Indonesia dan ASEAN mulai Sabtu (15/9/2012) sampai Sabtu (15/12/2012), di Golden View Hotel, Batam.
‘’Kita menargetkan event skala internasional ini diikuti 300 pecatur tingkat ASEAN. Insya Allah ini bisa terealisasi,’’ tegas Azharsyah (Azharsyah) kepada Suprizal Tanjung di Pelabuhan Ferry Batam Centre, Senin (27/8/2012).
Azharsyah menambahkan, untuk memeriahkan acara ini, mereka akan mendatangkan Grand Master (GM) Catur Indoneaia Susanto Megaranto. Pecatur nasional dan internasional diberikan kesempatan mencoba kemampuan Susanto dan berfoto bersamanya (Susanto).
Dilanjutkan Azharsyah, pada event ini, setiap pecatur wajib makan (walaupun sedikit)  buah catur yang terbuat dari kue. Sisa dari (kue) catur ini dikumpulkan, sekaligus menjadi voucher dan bisa ditukar dengan aneka hadiah yang disediakan.
Untuk poin dari buah catur, K king atau raja memiliki nilai 60 poin, Q queen atau menteri 50 poin, B bishop atau gajah 30 poin, N knights atau kuda 30 poin, R rook atau benteng 40 poin, P pawn atau bidak 10  poin.
Setelah pertandingan selesai, setiap pemain catur, bisa menukarkan poin atau catur (kue) tadi kepada panitia untuk mendapatkan aneka  hadiah. Adapun hadiah yang disediakan seperti handphone, iPad, dan lainnya.
Untuk pendaftaran papar Azharsyah, panitia tidak bisa main-main, molor atau tidak tepat waktu. Pendaftaran hanya bisa dilakukan di masa (waktu) yang disediakan panitia. Setelah waktu (masa) pendafataran selesai (habis), maka calon peserta event ini tidak bisa mendaftar lagi. Ini mengacu kepada event sebelumnya, ada calon peserta yang mendaftar sehari sebelum pertandingan. Ini akan berpengaruh terhadap kepanitiaan, penyediaan makanan, penyediaan kue catur, baju kaos, dan lainnya.
Sebelumnya, Indorad pernah menggelar Kompetisi Catur Unik, Non Master, di Kepri Mall, Jumat (13/6/2012) sampai Minggu (15/6/2012).
Ditambahkan Azharsyah, panitia membuka kesempatan kepada Pemprov Kepri, Pemko dan Pemkab se Kepri, lembaga formal/ informal, LSM, organisasi massa, donatur, atau siapapun juga untuk mendukung, membantu, menjadi sponsor acara ini.
Acara ini sangat unik dan mendunia. Dampak yang dibidik panitia adalah semakin dikenalnya Batam (Kepri) di dunia internasional. Hal ini sekaligus memajukan dunia pariwisata Kepri dan mengenalkan Kepri ke wisatawan nasional dan mancanegara. Wisatawan akan datang  ke Kepri, dan ini akan meningkatkan perekonomian Kepri. ***

Related Posts:

Loading...
Comments
0 Comments