Pelajaran Catur 1

hello bro!!, mulai sekarang kita akan mulai pelajarannya ya...saya akan posting secara bertahap, mulai pelajaran 1,2,3,4 dan seterusnya...
Pelajaran ini sangat bermanfaat bagi anda yg ingin memperdalam ilmu "catur" anda, disini anda akan ditunjukan bagaimana main catur yg baik. Bagi anda yg bisa menamatkan pelajaran ini sampai selesai, saya yakin anda sudah mulai "menggigit" dalam permainan catur. Oke kita mulai aja...

PERMAINAN

Jika seorang bermain catur tentulah membicarakan “permainan kombinasi dan permainan posisi” apakah arti dari istilah tersebut di atas? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut diatas merupakan titik pangkal dari uraian teori ini. Disini akan diuraikan merode-metode guna mencapai serta menguasai posisi yang baik. Kiranya tak perlu lagi dikemukakan bahwa untuk mendapat pengertian yang jelas mengenai dua cabang permainan catur ini hanyalah dengan cara membanding-bandingkan permainan yang satu dengan permainan yang lain. Dari perbandingan-perbandingan ini dapat kita menarik keuntungannya.
Permainan kombinasi mengutamakan pemusatan dalam rentetan langkah-langkah yang terbatas. Hal yang demikian ini biasanya terjadi jika pihak yang satu memaksakan pihak yang lain untuk membuat langkah-langkah yang tertentu atau dapat juga terjadi pada suatu ketika kedua-duanya tak dapat memilih dengan baik langkah-langkah yang diinginkan sehingga mengakibatkan kita memilih langkah-langkah yang saling memaksa.

Perhatikan diagram 1

Putih diharuskan melangkah. Benteng Hitam menyerang Menterinya namun kedudukan Benteng itu sendiri tidaklah baik atau boleh dikatakan jelek sekali terhadap raja dan menterinya, dan hal ini memberikan kesempatan kepada Gajah Putih untuk memakunya pada petak c4 atau g4. Sekarang bagaimana putih dapat mempergunakan kesempatan ini?



Putih melangkah. Kombinasi kelemahan perwira

Secara langsung Gg4 tidak memberikan daya yang baik, dikarenakan tentu dibalas dengan 1…Bxe3 2.Gxd7 Be1 mat. Juga 1.Gc4…tidak begitu berfaedah, sebab oleh hitam tentu dibalas dengan 1…Md1+ 2.Gf1 Bxe3 dan iapun menang.
Langkah pelarian dari Menteri putih guna menghindari serangan oleh hitam kesempatan ini digunakan untuk menyelamatkan Bentengnya yang mempunyai kedudukan jelek itu. Namun demikian sebuah kombinasi dapat menyelesaikan masalah ini yaitu; 1.Mxe6+! Rxe6 2.Gg4 Re7 3.Gxd7 Rxd7, atau sekiranya hitam membalas langkah pertama dari putih dengan dengan 1…Mxd7, tentulah putih melanjutkan penyerangannya dengan 2.Gc4 dan ia berhasil memakan Menteri Hitam dengan memberikan penukarannya berupa Gajah seperti halnya dengan tindakan yang pertama. Kombinasi dapat diakhiri oleh putih dengan kemenangan yang bagus.
Merupakan keuntungan sementara (yaitu letak opsir hitam yang jelek pada diagonal-diagonal putih dimana dapat dilewati oleh Gajah putih menyerang dengan hasil bagus dirubah oleh putih dengan dua langkah yang memaksa berupa keuntungan material dan ini menentukan kemenangan.
Langkah pertama dari putih 1.Mxe6 bertujuan memaksa. Oleh karena hitam hanya mempunyai dua balasan (1…Rxe6 atau 1…Mxe6)dimana hal ini dapat menghindarkan kekalahan langsung.

Related Posts:

Loading...
Comments
0 Comments